Meralat Fatwa

 

Sufi

Ibnu Hajar al-Atsqalani (773-852 H) bertutur dalam kitabnya Tahdzibut Tahdzib, tentang kebesaran jiwa Ubaidillah bin Hasan al-Ambary (105-168 H). Suatu hari hakim dari Bashrah (Iraq) ini mengajak muridnya untuk mengurusi jenazah warga. Di tengah kesibukan, seorang warga bertanya tentang suatu hukum kepada Qadhi tersebut. Sang Qadhi (Hakim) pun menjawab “demikian, demikian.

Tapi, demi mendengar jawaban hakim, si murid bertanya kepada gurunya, “semoga Allah meluruskan dirimu. Jawaban untuk pertanyaan tersebut mestinya begini, begini…”.

 

Tanpa berubah air mukanya, Ubaidillah terdiam sejenak. Berpikir. Lalu ia berkata tegas, “kalau begitu, saya tarik lagi jawabnku tadi dan saya mengkuti jawabanmu. Sungguh, menjadi ekor dalam kebenaran  lebih aku sukai ketimbang menjadi kepala kebathilan”.

Kitab Thabaqat as-Sy

 

afi’iyah, melukiskan kebesaran Syaikh Izzuddin Abdul Aziz bin Abdul Salam. Pakar Fiqh Madzhab Syafi’i yang hidup dalam kurun 577-660 H ini. Terkenal dengan Shultanul Ulama, karena banyak muridnya menjadi Ulama,. Nah, suatu hari Syaikh Izzuddin mengeluarkan fatwa untuk jawaban seorang warga. Tapi setelah dievaluasi kembali, ternyata fatwa tersebut tidak tepat.

Bagaimana cara meralatnya dengan segera, padahal pernyataan itu sudah menyebar cepat dari

mulut-ke mulut. Jangankan Sosmed dan media lainnya, pengeras suara saja ketika itu belum ada. Maka, Syaikh Izzuddin berjalan kaki berkeliling Kairo, Mesir, sambil berseru kepada setiap orang: “wahai, siapa saja menerima pernyataan demikian-demikian dari orang lain, janganlah diamalkan karena ternyata fatwa itu keliru”.

Sumber: ISLAMIA, Thn II No, 06/Juli-September 2005

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s